pemkab-serang-melalui-dinas-sosial-kabupaten-serang-berikan-motor-untuk-38-pendamping-pkh-dan-69-pendamping-jamsosratu

Pemkab Serang melalui Dinas Sosial Kabupaten Serang kembali memberikan bantuan sepeda motor bagi pendamping program keluarga harapan (PKH).

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada pendamping program Jaminan Sosial Masyarakat Banten Bersatu (Jamsosratu).

Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis dalam rangkaian HUT Ke-495 Kabupaten Serang di lapangan tenis Setda Pemkab Serang, Rabu (6/10/2021).
Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, mengatakan pemberian bantuan itu sebagai bentuk dukungan bagi para pendamping dua program itu.

"Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengamanatkan untuk terus mendukung program PKH dari pemerintah pusat dan Jamsosratu dari Pemprov Banten," ujarnya.

Sebelumnya, pada 2017 dan 2019, Pemkab Serang memberikan bantuan sepeda motor bagi 114 pendamping PKH di Kabupaten Serang.

Pada tahun ini, bantuan sepeda motor diberikan kepada 38 pendamping PKH dan 69 pendamping Jamsosratu.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kab.Serang, penerima manfaat PKH dan Jamsosratu bertambah sehingga jumlah pendamping pun meningkat.
“Sesuai arahan Ibu Bupati, kami berikan tambahan bantuan kendaraan bermotor untuk para pendamping dua program ini,” katanya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, program PKH dan Jamsosratu cukup membantu menekan angka kemiskinan di Kabupaten Serang.

Menurut Bupati Serang, bantuan kendaraan bermotor sebagai bagian dari sinergi program antara pemerintah pusat, Pemprov Banten, dan Pemkab Serang.

"Para pendampingi program sangat butuh mobilitas untuk menjalankan tugasnya mendampingi masyarakat penerima bantuan PKH dan Jamsosratu,” ucapnya.

Menurut Bupati Serang, bantuan kendaraan bermotor dari Pemkab Serang dapat memotivasi para pendamping PKH untuk menjalankan tugas dengan baik dan penuh semangat.
“Kami berikan bantuan ini sebagai bagian dari apresiasi, dan bertepatan dengan rangkaian hari jadi Kabupaten Serang. Semoga bermanfaat,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu.

Sekretaris Dinsos Provinsi Banten Budi Darma Sumapradja mengapresiasi program Pemkab Serang dalam mendukung program PKH dan Jamsosratu.

Menurutnya, Bupati Serang menjadi satu-satunya kepala daerah di Banten yang memberikan bantuan motor bagi pendamping PKH dan Jamsosratu.

“Ini yang luar biasa. Menurut kami, Bupati Serang layak diajukan untuk memperoleh Satylalencana Kebaktian Sosial dari Presiden,” katanya.
Komitmen dan dukungan Bupati Serang terhadap PKH dan Jamsosratu sudah dijalankan dengan baik sejak tahun 2017.

Bahkan berlanjut, ada rencana pemberian bantuan motor bagi tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) di 29 kecamatan.

“Di tengah pandemi Covid-19, walau pun tekanan anggaran untuk penanganan pandemi sangat besar, masih ada kepala daerah yang sangat fokus."

"Ibu Bupati Serang masih menujukkan komitmen dalam penyelenggaraan kesejahteran sosial, terutama pengentasan kemiskinan,” ujarnya