LK3 Surosowan

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Serang merupakan media berkonsultasi bagi orang-orang yang mengalami masalah sosial psikologis dalam keluarga,yang mengganggu pelaksanaan peran dan fungsinya sebagai pribadi, anggota keluarga dan anggota kelompok sosial lainnya. Masalah sosial  psikologis keluarga dapat muncul dan berkembang dikarenakan oleh kurangnya penanaman budi pekerti dan pengaruh berbagai budaya dari luar serta mudahnya mengakses secara bebas arus informasi yang berkaitan   erat dengan perubahan pola sikap dan perilaku seseorang yang mental dan pola pikirnya tidak sesuai dengan  norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Serang menggunakan pola pikir untuk merubah pola sikap dan perilaku dengan cara memberikan nasehat, konseling, pelayanan kepada keluarga yang bermasalah sosial psikologis.

Pada kenyataannya tidak semua keluarga memiliki kemampuan yang memadai untuk memenuhi harapan tersebut, terlebih yang sedang mengalami masalah. Keluarga yang mengalami permasalahan banyak sekali dan permasalahan tersebut  sulit diatasi sendiri dan tidak tertolong oleh pelayanan yang ada sehingga makin terpuruk karena tidak memiliki kemampuan untuk menahan perkembangan permasalahan yang menjadi kompleks.

Di Kabupaten Serang banyak menculnya permasalahan sosial tersebut sehingga perlu diantisipasi dengan melihat kecenderungan masalah sosial yang terjadi termasuk masalah di dalam keluarga.

Keluarga memiliki ketahanan sosial  dan dalam upaya mewujudkan ketahanan sosial tersebut diperlukan Lembaga di luar keluarga yang dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan keluarga, seperti Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Serang.

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Serang memiliki peranan yang strategis dalam penanganan masalah sosal psikologis keluarga, oleh  karena itu eksistensi dan sosialisasi lembaga ini di Kabupaten Serang sedang ditingkatkan dengan cara memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga masyarakat yang mempunyai masalah sosial agar masalah  sosial  yang dihadapi dapat teratasi karena selama ini Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) hanya sebagian diketahui oleh masyarakat  dan masyarakat ada yang kurang mengetahui fungsi dan peranan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) tersebut, sementara permasalahan keluarga semakin banyak dan bervariasi sifatnya serta merata diberbagai tempat.

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Serang adalah Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga yang berada di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Serang memiliki peran yang strategis dalam penanganan masalah sosial psykologis keluarga yang salah satunya bertujuan agar keluarga dapat memecahkan masalah yang sulit ditangani mereka sendiri, sehingga dapat melaksanakan fungsi-fungsinya secara memadai.

A. DASAR HUKUM

-          UU No 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial

-          UU No.13 Tahun 2011 tentang Penanganan fakir miskin

-          Hasil pertemuan LK3 di Yogyakarta tahun 2009 oleh Kementerian Sosial RI

-          Permensos No 16 tahun 2013 tentang Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga

-     Keputusan Bupati Kabupaten Serang Nomor : 460/ Kep.276-Huk.Org/ 2017 tanggal 07  Januari 2017  tentang Pembentukan LK3 Kabupaten Serang.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Serang adalah membantu mengatasi berbagai masalah sosial psykologis keluarga dalam rangka peningkatan taraf kesejahteraan dan ketahanan sosial keluarga melalui pelayanan konseling, konsultasi, pemberian/penyebarluasan informasi dan pemberdayaan sosial bagi keluarga secara profesional, termasuk merujuk sasaran ke lembaga pelayanan lain.

 

PROGRAM KEGIATAN

A.    RENCANA DAN SASARAN PROGRAM KEGIATAN

      Rencana dan sasaran program dari kegiatan ini adalah:

1.      Keluarga pada umumnya sehingga keberadaan LK3 dapat dikenal.

2.      Keluarga yang membutuhkan bantuan karena masalah yang dialaminya.

3.   Keluarga yang membutuhkan informasi untuk mengatasi masalah atau untuk meningkatkan  taraf kesejahteraannya.

4.   Individu, kelompok, instansi dan organisasi yang membutuhkan informasi karena kepedulian, niat, kepentingan atau tugas untuk mengatasi masalah keluarga. 

B.     SUSUNAN ORGANISASI

Adapun mengenai susunan organisasi LK3

Penanggungjawab : Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial

Ketua : Marpindo Desra, S.Sos

Sekretaris : Rakhmatullah, S.SI

Bendahara : 1. Arief Candra Suwanda  

Pekerja Sosial : 1. Muhammad Fariz Wajdi, S.Tr

Tim Profesi : 1. Psikolog

                                  2. Ahli Medis

                                  3. Kepolisian

                                  4. Konselor

                                  5. Ahli Hukum

Tim Relawan : TKSK 29 Kecamatan


Chan..