Dinsos gelar pameran pada Serang Expo 2018 Dalam Rangka HUT Kab Serang ke492 “Terus Berprestasi”

Jumat, 12 Oktober 2018 | 06:10:31 WIB | 1 pembaca

Serang, (11/10/2018) Kabupaten Serang merupakan adalah salahsatu Kabupaten di wilayah provinsi banten yang memiliki moto ‘Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe’. pada tanggal 8 Oktober merupakan hari jadi Kabupaten Serang sampai sekarang sudah 492 tahun.

Dalam rangka memeriahkan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Serang yang ke 429 Pemerintah Kabupaten Serang menggelar Pameran Inovasi Daerah,UMKM dan Pasar Rakyat yang terangkum dalam Kegiatan Serang Expo 2018 (Pamarayan 11-14 Oktober 2018)

Acara tersebut digelar selama 4 hari bertempat di Kec.Cikeusal dan tak jauh dari tempat destinasi wisata Bendungan baru Pamarayan.

Kegiatan Serang Expo merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam konsep pameran yang melibatkan pemerintah, dunia industri dan mitra binaan UMKM. dalam kesempatan ini Dinas Sosial Kabupaten Serang turut serta dalam gelaran pameran tersebut yaitu dengan memperkenalkan program-program yang ada di Dinas Sosial mulai dari program Bantuan Sosial Keluarga Miskin, RTLH, Rastra/BPNT para potensi kesejahteraan sosial (PSKS) dan bantuan sosial lainnya yang mempunyai tujuan kesejahteraan sosial.

Selama Kegiatan berlangsung akan diisi dengan berbagai macam kegiatan mulai dari pelatihan pembuatan handycraft, penampilan kesenian tradisional, seni budaya kabupaten serang, seni radisional, Children and parenting day, lomba peragaan batik kaserangan dan masih banyak lagi rangkaian pada acara tersebut. dan tidak ketinggalan Tradisi yang dilakukan setiap tahun yaitu “Bedolan Pamarayan”

Bedol Pamarayan dilakukan setiap tangal sepuluh bulan sepuluh setiap tahun sekali yang pada tahun ini akan dilaksanakan pada sabtu besok tanggal 13 Oktober 2018. Tradisi ini dimulai sejak zaman Belanda, untuk mencitrakan bahwa bendungan ini adalah milik rakyat. Pada masa lampau bedolan merupakan pesta para petani saat memasuki musim tanam, kini menjadi pesta masyarakat Kabupaten Serang dalam merayakan Hari Jadi Kabupaten Serang.

Rangkaian acara Bedolan Pamarayan diawali dengan Gerakan Sadar Wisata Kabupaten Serang (Gersang). Kegiatan bersih-bersih lingkungan bersama kelompok sadar wisata, komunitas peduli wisata, kang nong dan masyarakat. Setelah rangkain acara dan kegiatan selesai pada 14 Oktober pengumuman pemenang lomba dan sekaligus penutupan dengan menampilkan ubrug ubrug.

Kegiatan pameran Serang Expo ini diharapkan akan lebih meriah dari tahun kemarin yang mencapai 1000 pengunjung dan tahu ini lebih meriah lagi.

 

                                                                                                                                             Aep//....