Bhakti Sosial TAGANA Kabupaten Serang

Senin, 31 Juli 2017 | 16:38:27 WIB | 1 pembaca

Para penggiat Tagana di Provinsi Banten nampaknya memiliki motivasi dan semangat yang tinggi dalam menggerakkan roda organisasi, mereka seolah tak bisa hanya diam menunggu saat-saat tenaga mereka dibutuhkan manakala terjadi suatu bencana. Para aktivis Tagana di Banten merasa keberadaan mereka harus semaksimal mungkin memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, kendati dalam kondisi tidak terjadi bencana sekalipun.

Semangat dan kreativitas relawan Tagana itu setidaknya terlihat pada acara Bhakti Sosial yang diselenggarakan oleh Tagana Kabupaten Serang pada Kamis, 25 Februari 2010. Jajaran pengurus dan anggota Tagana Kabupaten Serang kala itu menggelar Bhakti Sosial yang berisi kegiatan antara lain sunatan masal, pengobatan gratis dan donor darah.

 

Acara yang diselenggarakan atas kerjasama Tagana Kabupaten Serang dengan PMI Provinsi Banten ini digelar di Desa Mekarbaru Kec. Petir, Kabupaten Serang. Tidak hanya PMI Banten, Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan setempat juga memberikan dukungan pada acara yang digagas Tagana Kabupaten Serang ini. Selain itu, Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Serang juga memberikan dukungan pada acara ini dengan mendirikan posko bantuan komunikasi (Bankom).

Dalam acara yang diikuti oleh ratusan masyarakat ini, panitia juga menyuguhi hadirin dengan menampilkan atraksi pencak silat serta seni debus yang merupakan kesenian khas Banten. Acara yang diikuti beberapa pejabat pemkab Serang ini juga dihadiri oleh Ketua PMI Banten, Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE.

Ketua PMI Banten Tatu Chasanah yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten ini memberikan apresiasi kepada Tagana Kabupaten Serang yang telah menunjukkan kepedulian sosialnya melalui kegiatan ini. “Kendati bernaung dibawah organisasi yang menangani kebencanaan, Tagana juga turut menunjukkan kontribusi dan kepeduliannya pada masalah-masalah sosial melalui kegiatan ini” papar Tatu yang juga tercatat sebagai Calon Wakil Bupati Serang ini.
   


Koordinator Tagana Kabupaten Serang Tb. Endin Bahrudin yang didampingi sekretarisnya Asep Awaludin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian sosial Tagana kepada masyarakat. Pada kesempatan ini Endin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan pada acara ini. “khususnya kepada Ibu Hj. Ratu Tatu Chasanah, kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas respon dan dukungan beliau” tutur Endin Bahrudin.

Disinggung soal pencalonan Tatu Chasanah sebagai Wakil Bupati Serang 2010-2015, Endin mengatakan bahwa sebagai organisasi kebencanaan, Tagana tidak boleh masuk pada ranah politik. Namun begitu, baik Endin maupun Asep sepakat bahwa secara pribadi para anggota Tagana juga warga negara yang punya hak untuk menentukan pilihan politiknya. “dari sudut pandang itu, kami tentu akan memilih calon pemimpin yang memiliki kepedulian pada pembinaan organisasi kemasyarakatan, khususnya kepada Tagana” tutur Endin.
Hj. Ratu Tatu Chasanah, menurut Endin dan Asep selama ini memiliki komitmen dan kepedulian yang tinggi pada pembinaan organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di Provinsi Banten. “oleh karenanya, seluruh anggota Tagana Kabupaten Serang sudah bertekad untuk mendukung dan memenangkan Ibu Tatu pada pilkada bulai mei nanti” tutup Endin Bahrudin yang diamini Asep Awaludin.
Diposting oleh Tagana Banten