Balai Penelitian Kemensos melakuan penelitian KEARIFAN LOKAL di Kabupaten Serang

Jumat, 05 Juli 2019 | 13:40:29 WIB | 1 pembaca

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Yogyakarta Unit Kerja Kemensos RI melaksanakan penelitian mengenai " Kearifan Lokal Masyarakat dalam Pencegahan Konflik Sosial ". di wilayah Kabupaten Serang tanggal 26 Juni s.d 3 Juli 2019. di dampingi pihak Dinas Sosial Kabupaten Serang.

Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal (local wisdom) biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut. Kearifan lokal ada di dalam cerita rakyatperibahasalagu, dan permainan rakyat. Kearifan lokal sebagai suatu pengetahuan yang ditemukan oleh masyarakat lokal tertentu melalui kumpulan pengalaman dalam mencoba dan diintegrasikan dengan pemahaman terhadap budaya dan keadaan alam suatu tempat.
Di Kabupaten Serang terdapat banyak kesenian dan termasuk kearifan lokal masyarakat diantaranya : Paguyuban Seni Cimande Baros, Beladiri Bandrong Terate, Paguyuban Gagak lumayung Pabuaran, Seni Tradisional Pancasona Kragilan, paguyuban seni lingkar studi pelangi dan lain sebagainya.
Keberadaan kesenian lokal berpengaruh penting terhadap kelestarian serta mengantisipasi keamanan dan kedamaian dalam lingkungan masyarakat terhadap konflik yang terjadi.
Dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat salahsatunya dengan melakukan penelitian serta evaluasi terhadap kearifan lokal yang ada di masyarakat sehingga kedepannya dapat lebih berkembang dan dapat melestarikan budaya yang ada. pelaku kearifan lokal salahsatunya paguyuban atau padepokan mereka pun banyak memberikan masukan dan menyampaikan keinginan serta harapan untuk jalannya kesenian kepada pemerintah pusat melalui Balai penelitian semoga pemerintah pusat atau Kemensos dapat memberikan pembinaan rutin dan lebih memperhatikan kegiatan tersebut.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Kabupaten Serang yang memiliki banyak kearifan lokal dan kesenian lokal sangat membantu dalam mengurangi konflik sosial yang akan terjadi dan selama ini di wilayah Kabupaten Serang tidak adanya Konflik yang terjadi di Lingkungan Masyarakat.
Hingga acara puncak pada Pertemuan antar Pemerintah dan para pelaku Kerifan Lokal di wilayah Kabupaten Serang , Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 3 Juli 2019 di Rumah Makan S-Rizky Serang. Maksud kegiatan adalah Forum group Diskusi Kearifan Lokal masyarakat dalam pencegahan Konflik sosial. yang dihadiri oleh Kepolisian, Tni , Dinas Sosial, Pendidikan, Pariwisata, para tokoh masyarakat dan para perguruan padepokan dan kesenian di Kab. Serang.
Tugas dalam menjaga dan mencegah terjadinya konflik sosial yang terjadi di masyarakat adalah tugas bersama anta pemerintah, keamanan polri/TNI serta masyarakat di dalamnya. sehingga terciptanya masyarakat yang aman, damai tanpa konflik masyarakat.